Selamat datang di blog ala ala ini!

Selamat datang di blog ala ala ini!

Keanekaragaman hayati (KEHATI)


Pada dasarnya keanekaragaman itu, sesuatu yang beraneka ragam bisa dilihat dari bentuk, penampilan, warna, perilaku dan sebagainya.
Keanekaragaman hayati di Indonesia sangatlah beragam. Bahkan ketika kamu melihat keanekaragaman dalam 10 cm persegi tanah. Kita bisa menemukan beranekaragam organisme dari ukuran kecil sampai besar.
Keanekaragaman hayati mencangkup 3 tingkat:
1. Kehati tingkat gen 
    Apa itu gen? gen merupakan pembawa sifat keturunan. Di mana letaknya? di Kromosom. Kromosom itu di mana? di sel. Sel itu di mana? ya ditubuh kamu atau tubuh setiap organisme. Nah jadi, setiap sel ditubuh kamu itu mengandung gen. Gen ini akan diwariskan kepada keturunan. Perbedaan susunan perangkat gen antara makhluk hidup yang satu dan yang lain dapat berbeda sehingga menimbulkan variasi. Kalau pada manusia dan hewan  biasanya disebut ras kalau tanaman varietas. Bingung? ambil contoh semisal kamu dan teman sebangku kamu. Kamu sama-sama manusia. tapi coba lihat dengan seksama, pasti ada banyak perbedaan. Teman kamu bisa mengenali kamu karena kamu punya ciri-ciri itu. Kehati tingkat gen juga bisa diartikan dalam spesies yang sama memiliki perbedaan atau variasi. Oh ya tau spesies tidak? Suatu makhluk hidup dapat dikatakan spesies apabila ketika dikawinkan dapat menghasilkan keturunan fertil. Fertil tau tidak? fertil itu ketika kawin bisa menghasilkan keturunan. 

2. Kehati tingkat spesies
Kalau ini ma gampang gak usah dijelasin. Kalau sudah tau spesies ya gampanglah. Anjing jelas beda sama kucing. Pokoknya bedanya dengan kehati tingkat gen dilihat aja nama latinnya. Kalau nama latinnya sama ya berarti dia kehati tingkat gen. 
Misal:  
Oryza sativa var. raja lele dan Oryza sativa var. pandanwangi: nah ini kehati tingkat gen
Mimosa pudica dan Musa paradisiaca nah ini kehati tingkat spesies

3. Kehati tingkat ekosistem 
Ah kalau yang ini pasti udah tau. Ya ekosistem kan macam macam ekosistem laut, sawah, sungai dsb. Ehmm apa si ekosistem. Ekosistem adalah bentuk interaksi komponen abiotik dan biotik. Abiotik itu komponen tidak hidup yang mendukung ekosistem. Contoh: tanah, batu, air, udara, cahaya (jangan bilang meja, kursi, pensil loh ini benda mati). Biotik merupakan komponen hidup seperti manusia, hewan, tanaman. Ingat pembagian kingdom kan? nah semua yang ada di klasifikasi kingdom itulah...