Fajar Adinugraha

Sabtu, 05 Januari 2013

Sistem Respirasi Manusia

Bernapas merupakan kebutuhan utama manusia. Tanpa bernapas semua metabolisme dalam tubuh akan terganggu. Bernapas berarti menghirup udara dari luar dan memasukkannya ke tubuh melalui organ pernapasan, kalau manusia ya hidung. 
Terus apa yang dimaksud respirasi? Bernapas merupakan bagian dari respirasi. Respirasi artinya pemanfaatan oksigen di situ juga terjadi proses pertukaran oksigen dan karbondioksida. Terus apa saja organ respirasi??

Mekanisme pernapasan
 

Nah, bernapas itu ada 2 proses yaitu inspirasi dan ekspirasi. Inspirasi berarti udara masuk ke paru paru. Pada awalnya diafragma melengkung dan tulang rusuk berada keadaan rileks, ketika oksigen berkurang ini akan menstimulus medula oblongata, yang kemudian mengkontraksikan otot antar tulang rusuk. Tulang rusuk jadi terangkat dan diafragma mendatar. Ini menyebabkan volume rongga dada membesar. INGAT FISIKA volume mebesar tekanan kecil, prinsipnya udara mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Nah ini menyebabkan udara bisa masuk. Bagaimana ketika ekspirasi? ya kebalikannya lah

Bagaimana dengan pernapasan dada dan perut?
Pada dasarnya pernapasan ini bekerja bersamaan, ini hanya masalah mana yang efektif? Ketika kita lagi duduk di kelas, tidur di bawah pohon, nonton K pop sambil makan cemilan,, ini pernapasan perut yang lebih maksimal. Namun, Ketika kamu lari lari muterin lapangan banteng 90 kali nah itu pernapasan dada.... Okay?
Pertukaran gas oksigen dan karbondioksida
 
daftar pustaka
google images.... 

0 Comments:

Posting Komentar