Selamat datang di blog ala ala ini!

Selamat datang di blog ala ala ini!

Biodiversitas Indonesia



Indonesia memiliki biodiversitas ke tiga di dunia,,, bahkan mungkin pertama karena belum semua bagian dari Indonesia ini dijamah dan diteliti.Indonesia terletak di 6 0 LU- 110 LS dan 950 BT- 1410 BT. Membentang dari sabang sampai merauke, pulau miangas sampai pulau rote,, kayak lagu indomie aja..
Flora di Indonesia dibagi menjadi:
1. Indomalaya. Contoh beringin, matoa, meranti, durian, sukun,, 
2. Flora endemik. Apa itu endemik? Endemik artinya dalam jumlah besar hanya tumbuh atau tinggal di tempat itu. Contoh: Raflesia arnoldi (bunga bangkai).. ya segala macem raflesia
3. Flora langka. Kalau ini yang udah jarang dijumpai. Contoh: matoa, sawo kecik, gandaria (pasti belum pernah liat semua... ya iyalah flora langka gitu)
4. Flora indoaustralis. Contoh. Kayu putih


















Fauna di Indonesia
Wallace membagi wilayah Indonesia jadi 2 zona zoografi. Weber membagi wilayah persebaran jadi 3 zona zoografi. Siapa tuh.. ya pokoknya orang penting setelah meneliti akhirnya dibagi berdasarkan kemiripan dengan benua asia apa australia. Makanya dikenal ada istilah garis weber dan wallace. Tapi sekrang ada juga garis Lydekker. tapi ya intinya kalau weber tu daerah indonesia timur (australis , wallace indonesia barat, nah antara walace dan weber itu zona peralihan (fauna yang hanya ada di indonesia) ni gambarnya... chekidot









Apa bedanya fauna asiatis dan australis? 









Lha terus apa manfaat kenakeragaman hayati di Indonesia?
1. Manfaat ekonomi. kayu jati, padi jagung
2. Manfaat pangan: padi jagung, ubi, sukun
3. Manfaat papan: kayu
4. Manfaat sandang: sutra, woll
5. Manfaat kesehatan: rempah2 dan tanaman obat.
6. Plasma nutfah. Apa itu? namanya tradisionalnya bank bibit...
Yang lain cari sendiri yachhh..

Bagaimana pelestariannya?
Ada istiliah in situ dan ex situ, kalau in situ berarti yang ditempat habitat aslinya seperti taman nasional, hutan lindung. Kalau ex situ ya seperti kebon binatang, kebun raya, taman safari (gampangnya yang buatan)

Daftar pustaka
Google images,,,,

0 komentar:

Posting Komentar