Selamat datang di blog ala ala ini!

Selamat datang di blog ala ala ini!

Trik Belajar Biologi


Belajar Biologi bagi sebagian siswa sulit. Namun, untuk sebagian siswa sangat mudah. Terus bagaimana si cara belajar biologi yang mudah. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda-beda dalam belajar, karena setiap siswa tahu kemampuan dirinya seperti apa. Nah mungkin ini menjadi salah satu alternatif cara belajar kalian.
1. Kenali kemampuan diri anda
    Kita harus tahu seberapa kemampuan diri kita. Kalau diri kita memiliki kemapuan biologi pas-pasan ya janganlah terlalu dipaksa. Namun, kemampuan yang pas-pasan kalau kita asah pasti akan menjadi kemampuan yang luar biasa. Nilai target anda berapa di kelas. Minimal sesuai batas KKM dulu deh. Atau 5 poin di atas KKM.
2. Dengarkan guru walaupun membosankan
     Pembelajaran yang bertubi-tubi dalam satu hari memang membuat siswa bosan. Guru memang perlu memberikan inovasi dalam pembelajaran. Namun, masalah materi yang terlalu buaaaanyak dan kegiatan sekolah yang tiada henti-hentinya membuat waktu kurang. Itu, juga perlu dipahami kamu sebagai siswa. Nah, cukup kamu dengarkan kalau perlu buat catatan kecil. Meskipun hari itu tidak paham, bisa ditanyakan di luar jam pelajaran.
3. Jangan anggap buku cetak adalah KITAB SUCI
    Mana mungkin??? Semuanya mungkin. Bagaimana cara memahami biologi? Memahami biologi sama halnya memahami perasaan cinta seseorang. Kita perlu melihat hati/ruhnya dulu baru luarnya. Demikian juga biologi, kita harus tahu pokoknya dulu. Jangan dihafal per kalimat. Emang kau mau jadi mbah dukun? Aduuuh pak, aku takut ketinggalan materi di buku kalau keluar ulangan berabe deh.. (lagian yang keluar paling 1 atau 2 soal, kan masih 9 nilainya). Buatlah peta konsep atau mind map. Belajar biologi harus tahu dulu akar permasalahan/ materinya dulu baru yang lain.
4. Bacalah 5 menit
    Bacalah minimal 5 menit judul atau gambar gambar yang ada di buku cetak kamu. Setidaknya kamu tahu apa yang kamu bahas. Jangan cuma BBM/twitter/fb nan.
5. Kerjakan LKS/LDS dari guru
    LKS/LDS yang dipersiapkan guru pasti sudah dipikirkan. Jadi kemungkinan itu yang penting-penting.
6. Lakukan kegiatan di kelas sesuai petunjuk jangan banyak protes.
    Protes mengurangi energi dan tanpa hasil. Melakukan kegiatan di kelas paling tidak 50 % materi terserap. Ditambah belajar lagi di rumah 75 %. Nah tuntas KKM donk...

Demikian tips belajar BIOLOGI. Belajar BIOLOGI belajar memahami diri sendiri dan kehidupan anda. 
  
  

0 komentar:

Poskan Komentar