Fajar Adinugraha

Selasa, 12 Januari 2016

CURUG SILANGIT, SOMONGARI, PURWOREJO

Libur natal dan tahun baru waktunya menjernihkan pikiran , aku menghabiskan libur natal di kota kelahiranku Purworejo. Saya orang asli purworejo tapi yang saya tahu tempat wisata yang paling bagus adalah pantai jatimalang. Akhirnya saya menemukan tempat wisata yang sangat indah, yaitu Curug Silangit di Desa Sumongari, Purworejo. Sebenarnya waktu itu, aku hendak ke Gua Seplawan tetapi karena jalannya sangat mengerikan aku mengurungkan niat dan mencari tempat lain yang mudah dijangkau. Curug Silangit Sumongari terletak di sebelah timur Purworejo, bisa ditempuh menggunakan angkot jurusan Purworejo-Kaligesing yang terminalnya ada di belakang pasar Baledono, kalau naik kendaraan sendiri rutenya dari patung WR Supratman arah Cangkrep,lurus terus (Kecamatan Purworejo), belok ke arah Cangkrep Kidul, apabila melihat balai desa kemanukan belok kiri dan lurus terus karena jalannya hanya itu. Apabalia sudah mendekati lokasi akan ada penunjuk arah lokasi Curug Silangit, kalau tidak ya tanya saja dengan penduduk sekitar. Penduduknya ramah dan baik hati. Untuk parkir bisa dititipkan di rumah penduduk. Di sepanjang perjalanan tercium aroma buah duren karena waktu itu masih musim duren. Dan juga buah manggis yang banyak dijumpai di desa ini. Perjalanan sangat menyenangkan dengan suara sunyi dan bunyi bunyian khas pedesaan. Memamng cukup melelahkan , tetapi semua itu terbayar dengan melihat indahnya Curug Silangit ini. Sungguh indah, airnya deras dan sejuk. Meskipun pengunjungnya sedikit, tetapi sangat mengasyikkan. Mau lihat curugnya?




Numpang nampang ah hehehe


Mana petanya???? Fajar Explorer akan menunjukkan... jangan lupa tanyakan penduduk setempat... jangan terlalu pede dengan GPS..hehe.



5 Comments:

  1. ituh kalo dari jogja rutenya mudah enggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari arah jogja, ke arah alun2 purworejo,, masjid belok kanan-pendopo-BRI belok kiri- gedung kesenian belok kanan-tugu wr supratman- lurus terus ikuti jalan utama.

      Hapus
  2. Saat-saat skrg ini sdh bisa makan duren di kebun apa belum? saya dengar ada tempat di Sumongari di mana kt bs makan duren di kebunnya,kalau boleh mau tanya nama pemiliknya dan no. HP nya. Tks

    BalasHapus
  3. Saat-saat skrg ini sdh bisa makan duren di kebun apa belum? saya dengar ada tempat di Sumongari di mana kt bs makan duren di kebunnya,kalau boleh mau tanya nama pemiliknya dan no. HP nya. Tks

    BalasHapus
  4. waduh saya ma g punya kebunnya,,hehehe

    BalasHapus