Selamat datang di blog ala ala ini!

Selamat datang di blog ala ala ini!

PEMBUATAN SEREAL MUGIS (Musa paradisiaca berGizi dan ekonomIS) SEBAGAI DIVERSIFIKASI PANGAN KARBOHIDRAT


 






PEMBUATAN SEREAL MUGIS (Musa paradisiaca berGizi dan ekonomIS) SEBAGAI DIVERSIFIKASI PANGAN KARBOHIDRAT

Makalah
Disusun untuk mengikuti Lomba Canisius College Science Competition
Smart Action for the Better Future 2015
 








Disusun Oleh:
Angelita Gladys
Stevany
Ivan Andry




SEKOLAH MENENGAH ATAS CITRA KASIH JAKARTA
CITRA GARDEN CITY 5 BLOK H NO 1-3, KALIDERES JAKARTA BARAT

2015


PEMBUATAN SEREAL MUGIS (Musa paradisiaca berGizi dan ekonomIS) SEBAGAI DIVERSIFIKASI PANGAN KARBOHIDRAT

ABSTRAK

Novia, Angelita Gladys. Andry, Ivan. Stevany. Pembuatan Sereal Mugis (Musa paradisiaca berGizi dan ekonomIS) sebagai Diversisifikasi Pangan Karbohidrat. Makalah. SMA Citra Kasih Jakarta. FajarAdinugraha, S.Pd.
Indonesia memiliki keanerakagaman bahan pangan karbohidat yang cukup banyak. Namun,  keanekargaman ini jarang dimanfaatkan menjadi sesuatu yang memiliki manfaat dan nilai jual yang tinggi. Nasi menjadi bahan pangan karbohidrat paling utama di masyarakat Indonesia. Namun, sumber karbohidrat bukan hanya nasi. Sumber pangan karbohidrat utama itu antara lain ubi, singkong, jagung dan gandum. Bukan hanya umbi-umbian, beberapa buah juga memiliki kandungan karbohidrat. Salah satu buah yang memiliki kandungan karbohidrat adalah pisang. Pisang merupakan buah yang mudah dijumpai dan banyak terdapat hampir di seluruh wilayah Indonesia. Ketika pasca panen, beberapa pisang apabila tidak laku terjua akan menjadi busuk dan tidak bernilai. Oleh karena itu, penulis memanfaatkan pisang untuk pembuatan sereal sebagai bentuk diversifikasi pangan kabrohidrat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pisang yang cocok digunakan dalam pembuatan sereal mugis. Selain itu, untuk menganalisis komposisi yang tepat dalam pembuatan sereal mugis. Penulis juga menganalisis respon dari responden terhadap hasil olahan sereal mugis dari kelima jenis pisang yaitu cavendish, pisang mas, pisang raja, pisang raja, pisang uli, pisang tanduk.
Metode penelitian merupakan metode percobaan laboratorium dan meted survei. Penulis menggunakan varibel jenis pisang antara lain cavendish, pisang mas, pisang raja, pisang raja, pisang uli, dan pisang tanduk. Dari percobaan yang telah dilakukan, tidak semua jenis pisang dapat dijadikan bahan dasar sereal mugis karena setiap pisang memiliki karakteristik yang berbeda. Selain itu, komposisi perbandingan antara pisang dan bahan lain harus sesuai agar terbentuk rasa dan teksur yang baik. Penulis melakukan uji coba terhadap kelima jenis sereal pisang ini kepada 25 responden. Hasil kuesioner terhadap rasa, aroma dan tekstur secara berturut turut adalah pisang mas, pisang uli, pisang Cavendish, isang raja, dan pisang tanduk.
Penelitian ini menunjukkan bahwa responden lebih memilih pisang mas sebagai bahan utama pembuatan sereal mugis ini. Komposisi pembuatan sereal mugis yang tepat adalah  pisang, 2 sdm tepung beras, 1 sdm tepung terigu, 1 sdm tepung perenyah dan susu cair secukupnya.


Kata kunci: sereal, mugis, pisang, diversifikasi pangan


0 komentar:

Poskan Komentar