Selamat datang di blog ala ala ini!

Selamat datang di blog ala ala ini!

GAMBARAN SIKAP DAN PENGETAHUAN PELAJAR SMA TERHADAP LAGU DAERAH JAKARTA


GAMBARAN SIKAP DAN PENGETAHUAN PELAJAR SMA TERHADAP LAGU DAERAH JAKARTA



 











makalah
disusun sebagai salah satu syarat mengikuti lomba PLASMA 2013



Oleh
Audrey Emily
Stephanie Devina Widjaja
Tamara





SEKOLAH MENENGAH ATAS SANTA URSULA JAKARTA
2013


ABSTRAK

Emily, Audrey. Widjaja, Stephanie Devina. Tamara. Gambaran Sikap dan Pengetahuan Pelajar SMA Terhadap Lagu Daerah Jakarta. Laporan penelitian, SMA Santa Ursula Jakarta. Fajar Adinugraha, S.Pd.

     Globalisasi membuat garis batas antarbangsa menipis dan cenderung hilang. Apabila suatu daerah tidak dapat menyaring budaya luar yang masuk, maka identitas daerah tersebut kemungkinan akan berangsur-angsur hilang. Budaya suatu daerah dapat bertahan apabila warga daerah tersebut peduli, mau ikut berpartisipasi melestarikan, dan dapat menyaring segala budaya luar yang masuk. Remaja merupakan saat pencarian jati diri dan mudah terbawa arus globalisasi. Di lain sisi, remaja merupakan generasi penerus dan mewarisi berbagai kebudayaan yang dimiliki. Salah satu budaya yang sangat mudah diterima remaja adalah lagu dari luar Indonesia seperti lagu Barat, lagu India, dan lagu Korea. Lagu-lagu daerah seakan-akan menjadi lagu yang asing di negeri sendiri dan sulit dihafalkan. Maka, peneliti mengangkat masalah mengenai sikap dan pengetahuan pelajar SMA terhadap lagu daerah Jakarta.
     Populasi yang digunakan adalah seluruh SMA yang ada di Kecamatan Sawah Besar dan Kecamatan Menteng. Teknik sampling berdasarkan purposive random sampling, yaitu mengambil sampel secara random atau acak, tetapi didasarkan pada tujuan tertentu. Sampel yang diambil yaitu SMA Kolese Kanisius Jakarta, SMA Santa Ursula Jakarta, SMA Santa Theresia Jakarta, dan SMAN 1 Jakarta. Setiap sekolah dipilih 10 siswa sebagai responden dari kelas X sampai kelas XII.
     Setelah dilakukan penelitian, dapat diketahui bahwa pelajar SMA di Kecamatan Menteng dan Sawah Besar memiliki ketertarikan terhadap lagu-lagu daerah Jakarta, yaitu dari sangat tertarik sampai tidak tertarik adalah 21%, 48%, 31%, dan 0%.  Apresiasi pelajar terhadap lagu daerah menunjukkan dari yang sangat tertarik untuk melestarikan lagu daerah Jakarta sampai tidak tertarik adalah 28%, 56%, 15%, dan 1%. Namun, ketertarikan tersebut kurang didukung oleh sosialisasi lagu daerah. Hal ini dapat dilihat dari hasil kuesioner mengenai pengetahuan, yaitu data pengetahuan pelajar SMA dari paling luas hingga sempit secara berturut-turut adalah 15%, 26%, 42%, dan 17%.
     Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sikap pelajar SMA di Menteng dan Sawah Besar menunjukan hasil yang baik. Hal ini ditunjukan dari ketertarikan dan apresiasi terhadap pelestarian lagu daerah. Pengetahuan pelajar SMA mengenai lagu daerah Jakarta menunjukan hasil kurang baik.

Kata kunci: sikap, pengetahuan, lagu daerah Jakarta


0 komentar:

Poskan Komentar