Fajar Adinugraha

Sabtu, 10 Juli 2010

MSDS Kalium Permanganat (KMnO4)







POTASSIUM PERMANGANAT
(KMnO4)

1.IDENTIFIKASI BAHAN
Nama produk : Potassium Permanganate
Sinonim : Potassium Permanganate, Bioteknologi Grade
Nama kimia : Potassium Permanganate
Formula kimia : KMnO4
2.LABEL BAHAYA








3.INFORMASI BAHAN SINGKAT
Berbentuk padat. Sangat reaktif dengan bahan-bahan organik, logam, asam. 
Reaktif dengan mengurangi agen, bahan mudah terbakar. Dapat bereaksi hebat dengan kebanyakan logam, ammonia, ammonium garam, phosphorous, banyak dibagi halus organik compounds (bahan), cairan, asam, belerang.
4.SIFAT-SIFAT BAHAYA
1.BAHAYA KESEHATAN
Berbahaya jika terjadi kontak kulit (yg mengganggu), dari kontak mata (yg mengganggu), dari proses menelan, dari inhalasi. Agak berbahaya dalam kasus kontak kulit (permeator). Korosif mungkin untuk mata dan kulit. Jumlah tergantung kerusakan jaringan panjang pada kontak. Kontak mata dapat menyebabkan kerusakan atau corneal kebutaan. Kontak kulit dapat menghasilkan radang dan blistering. Inhalasi zat akan menghasilkan iritasi ke perut usus atau saluran pernafasan, dicirikan oleh bersin dan batuk. Bila terhrup secara berlebihan dapat merusak paru-paru, shock, 
ketidaksadaran atau kematian.
2.BAHAYA KEBAKARAN
Tidak mudah terbakar akan tetapi akan terbakar spontan apabila kontak dengan ethylene glycol. 

3.BAHAYA REAKTIVITAS 
MUTAGENIC EFEK : Mutagenic untuk bakteri dan / atau ragi. 
Zat mungkin beracun ke ginjal, hati, kulit, sistem saraf pusat (CNS). 
Apabila zat terkena mata dapat menghasilkan iritasi mata. Bila terkena kulit dapat menghasilkan kulit kehancuran, atau infeksi kulit. Bila terhirup dapat menghasilkan berbeda-beda pernafasan iritasi paru-paru atau kerusakan. 
5.SIFAT-SIFAT FISIKA
Fisik : solid/ zat padat
Bau : tidak berbau
Rasa : agak manis
Berat molekul : 158,03 g/mol
Warna : ungu
Berat jenis : 2,7 @ 15 C
6.KESELAMATAN DAN PENGAMANAN
Apabila terkena mata segera dibilas dengan air paling tidak 15 menit, air dingin dapat digunakan. Kemudian segera meminta pertolongan medis.Segera mendapatkan perhatian medis.
Apabila terkena kulit, segera dibilas dengan air sekurang-kurangnya 15 menit. Bila terkena pakaian dan sepatu segera cuci dengan air dingin dan sabun. 
Inhalasi: 
Apabila terhirup di saluran pernapasan, segera pergi ke tempat yang berudara segar. Jika tidak dapat bernapas, dapat diberikan pernafasan buatan.Apabila sulit bernapas segera diberi Oksigen. Segera beri tindakan medis.
PERINGATAN: Ini mungkin berbahaya kepada orang yang memberikan bantuan untuk memberikan pernafasan buatan dari mulut ke mulut karena bahan bersifat racun dan korosif.
7.INFORMASI LINGKUNGAN
Tidak berbahaya untuk lingkungan. Bersifat korosif.

0 Comments:

Posting Komentar