EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN SMARTMATH TERHADAP MINAT SISWA PADA
MATERI TRIGONOMETRI
KELAS X SMA CITRA KASIH JAKARTA
Diusulkan oleh:
Daniel
Devin Hidayat / / XI-MIA
Bryan
Soebagijo / 11124-308 / XI-MIA
Nikodemus
Stanley /14155-216 XI-MIA
SEKOLAH
MENENGAH ATAS CITRA KASIH JAKARTA
JAKARTA
BARAT
2015
Halaman
Pengesahan
1. Judul
Karya Tulis :
EFEKTIVITAS
PENGEMBANGAN INOVASI MEDIA
PEMBELAJARAN SMARTMATH TERHADAP MINAT
SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA CITRA KASIH JAKARTA.
2.
Ketua Pelaksana
Kegiatan
a.
Nama Lengkap : Daniel Devin
Hidayat
b.
Nomor Induk
siswa :11124-314
c.
Kelas :
XI-MIA
d.
Sekolah : SMA
Citra Kasih Jakarta
e.
Alamat Rumah dan
No Telp./HP : Citra Garden City 5 Blok H
no 1-3
3.
Anggota
Pelaksana kegiatan / penulis: 2 orang
4.
Guru Pembimbing
a.
Nama lengkap dan
Gelar : Fajar Adinugraha,
S.Pd
b.
NIP :
-
c.
Alamat Rumah dan
No Telp./HP : SMA Citra Kasih Jakarta
Jakarta,
31 Agustus 2015
Ketua Pelaksana,
Daniel Devin Hidayat
Menyetujui
Kepala
SMA Citra Kasih Jakarta Guru Pembimbing
Rohajah Ramli, S.Pd, M.Si Fajar
Adinugraha, S.Pd
NIP. - NIP.
-
EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN SMARTMATHTERHADAP MINAT SISWA PADA
MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA CITRA KASIH JAKARTA
Daniel Devin
Hidayat1, Bryan Soebagijo2, Nikodemus Stanley3
SMA CITRA KASIH JAKARTA
Citra garden city 5, Blok H No 3, Kalideres Jakarta
Barat
ABSTRAK
Materi
matematika yang menjadi tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh siswa
adalah materi trigonometri. Berdasarkan studi observasi awal terhadap 45
responden siswa SMA Citra Kasih, diperoleh data
75,56 % siswa menyatakan bahwa materi Trigonometri susah untuk
dimengerti. Banyak faktor yang menyebabkan materi Trigonometri ini menyusahkan
bagi sebagian besar siswa. Dari 41,8% siswa menyatakan bahwa media pembelajaran
tidak menarik ,17,65 % bersifat teacher centered learning, dan 41,18% siswa
menyatakan faktor-faktor lain yang menyusahkan mereka, antara lain : bahannya
sulit untuk dimengerti, soal-soal yang bervariasi tingkat kesulitannya, sifat
malas belajar, dan banyaknya rumus-rumus sulit dan susah untuk dimengerti.
Permasalahan ini dapat diatasi dengan inovasi media pembelajaran. Inovasi media
pembelajaran yang penulis ciptakan yaitu Software dengan namaSMARTMATH. Metode
penelitian yang penulis gunakan adalah Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2009),
langkah-langkah penelitian R & D adalah metode penelitian dengan
mengembangkan suatu produk.Hasil produk Software SMARTMATH Memiliki berbagai
kelebihan antara lain : Game Trigonometri, berbagai paket latihan soal
trigonometri yang disertai dengan soal test, dilengkapi dengan kalkulator
virtual. Penulis melakukan uji coba produk kepada 28 siswa. Berdasarkan hasil
penelitian, 92,85% siswa mengatakan bahwa Software ini membantu siswa memahami materi
trigonometri.Software SMARTMATH mempermudahkan siswa untuk mempelajari materi
Trigonometri. Namun Software ini memiliki kekurangan yaitu waktu yang diberikan
game terlalu cepat.
Katakunci:SMARTMATH, Trigonometri, Minat Siswa
0 Comments:
Posting Komentar