Selamat datang di blog ala ala ini!

Selamat datang di blog ala ala ini!

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA SMA PEMINATAN MIPA













PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA SMA PEMINATAN MIPA
(Eksperimen pada siswa SMA Swasta di SUDIN 1 Jakarta Barat)




TESIS
diajukan untuk melengkapi
persyaratan mencapai
gelar magister





                                                    Nama   : Fajar Adinugraha
                                                   NPM    : 20147279115






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS PASCASARJANA
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
2017


ABSTRAK

A.    FAJAR ADINUGRAHA, NPM : 20147279115

B.     Pengaruh Model Pembelajaran dan Efikasi Diri terhadap Sikap Ilmiah Siswa SMA Peminatan MIPA (Eksperimen pada siswa SMA Swasta di SUDIN 1 Jakarta Barat)

C.     Xii, 5 Bab, 142 Halaman, 14 lampiran

D.    Kata kunci : Model Pembelajaran, Efikasi Dri, Sikap Ilmiah Siswa

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap sikap ilmiah siswa SMA peminatan MIPA, 2) mengetahui pengaruh  efikasi diri terhadap sikap ilmiah siswa SMA peminatan MIPA, 3) mengetahui pengaruh interaktif model pembelajaran dan efikasi diri terhadap sikap ilmiah siswa SMA peminatan MIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan sampel 52 siswa (26 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol). Analisis data terdiri dari pengujian instrumen efikasi diri dan sikap ilmiah dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaranterhadap sikap ilmiah siswa. Hal tersebut dibuktikan oleh nilai Sig = 0,02  dan Fhitung = 10,727. Ini berarti bahwa sikap ilmiah siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran. Oleh karena itu model pembelajaranmerupakan variabel yang penting untuk diperhatikan dalam memprediksi sikap ilmiah siswa. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap sikap ilmiah siswa. Hal tersebut dibuktikan oleh nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 85,061. Ini berarti bahwa sikap ilmiah siswa akan lebih baik apabila siswa memiliki efikasi diri yang tinggi. Oleh karena itu efikasi dirimerupakan variabel yang penting untuk diperhatikan dalam memprediksi sikap ilmiah siswa. 3) Terdapat pengaruh interaksi yang tidak signifikan model pembelajaran dan efikasi diri terhadap sikap ilmiah siswa. Hal tersebut dibuktikan oleh nilai Sig = 0,984 > 0,05 dan Fhitung = 0,000.

E.     Daftar Pustaka : buku 19 buah (tahun 2006 sampai dengan tahun 2016) , jurnal penelitian 9 buah, dan 2 sumber internet.

F.      Pembimbing Materi : Dr. H. Suparman Ibrahim Abdullah, M.Sc.
Pembimbing Teknik : Dra. Sumaryati T, M.Pd.




0 komentar:

Poskan Komentar