Fajar Adinugraha

Kamis, 31 Januari 2013

Seminar dan Pelatihan

Pemirsa... Pe epe em imi er asa... Pemirsa yang baik hati dan tidak sombong.. Entah mengapa, padahal kemarin link link di bawah ini bisa di klik tapi sekarang tidak bisa. Apakah ada yang bisa membantu? Nah, karena gak bisa kamu bisa tulis aja di search dokumen ini ya?
PEMBINAAN GURU TAHAP DASAR “ MENGENAL TRADISI PEN...
Seminar Smart Teaching for Smart Teacher (di UPH)
Ursuline's Youth Camp 3 BANDUNGSeminar Pendidikan di SMA Gonzaga

Skripsi


Pemirsa... Pe epe em imi er asa... Pemirsa yang baik hati dan tidak sombong.. Entah mengapa, padahal kemarin link link di bawah ini bisa di klik tapi sekarang tidak bisa. Apakah ada yang bisa membantu? Nah, karena gak bisa kamu bisa tulis aja di search dokumen ini ya?PENERAPAN PROBLEM SOLVING DENGAN GAME POHON PENGETAHUAN
PENERAPAN PROBLEM SOLVING DENGAN GAME POHON PENGETAHUAN

Artikel Ilmiah "PENERAPAN PROBLEM SOLVING DENGAN G...

Rabu, 30 Januari 2013

Materi Biologi X MIPA

Teori (Rangkuman)
Keanekaragaman hayati

Biodiversitas Indonesia

Kingdom Plantae

Spermatophyta

Penyerbukan dan Fertilisasi Bunga

Kingdom Animalia

Platyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida

Mollusca

Arthropoda

Echinodermata

Chordata

Ekologi Part 1

Ekologi Part 2

Teori (Video Pembelajaran)
Biologi sebagai Ilmu Pengetahuan

Keanekaragaman hayati Part 1

Keanekaragaman hayati Part 2

Keanekaragaman hayati Part 3

Virus, Bakteri, dan Parasit

Kingdom Plantae (Spermatophyta)

Kingdom Animalia (Chordata Vertebrata)

Siklus Hidup Cacing

Mollusca, Arthropoda, Echinodermata

Vertebrata

Ekosistem (Ekologi)

Ekosistem Sawah

Isu Lingkungan atau Pencemaran Lingkungan

Rangkuman Materi Kelas X Persiapan US dan UN











































Selasa, 29 Januari 2013

BRYOPHYTA, PTERYDOPHYTA

EKOLOGI (EKOSISTEM)

Senin, 28 Januari 2013

PLANTAE (Gymnospermae, Angiospermae) ppt

Minggu, 27 Januari 2013

ARTIKEL ILMIAH (KULIAH SEMINAR BIOLOGI)



MENINGKATKAN KUALITAS AKTIVITAS BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 1 BANJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH *)
*) Gede Putra Adnyana
Oleh
Fajar Adinugraha
4401407029

ABSTRAK
Pembelajaran dengan model konvensional menyebabkan pembelajaran berpusat pada guru. Aktivitas siswa, kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi menjadi rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, 2) meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, dan 3) meningkatkan pemahaman konsep Biologi siswa.  Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Banjar kelas X-5 yang berjumlah 38 orang pada semester ke-1 tahun pelajaran 2007/2008. Faktor yang diteliti adalah 1) aktivitas belajar, 2) keterampilan berpikir kritis dan 3) pemahaman konsep Biologi. Data tentang aktivitas belajar dikumpulkan dengan metode observasi, keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa dengan metode tes, sedangkan pendapat siswa dengan metode kuesioner. Hasil aktivitas belajar siswa meningkat dari kualifikasi cukup pada siklus I menjadi baik pada siklus II. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa terjadi pada keterampilan merumuskan masalah, memberikan argumentasi, melakukan induksi, dan memberikan penilaian. Pemahaman konsep biologi siswa dapat dilihat dari peningkatan rerata nilai, di mana pada siklus I sebesar 6,03 menjadi 6,49 pada siklus II. Siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran, dimana terdapat 77,98 % siswa yang menyatakan setuju, 18,28% ragu-ragu, dan hanya 3,74% tidak setuju. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Biologi, dapat meningkatkan: 1) aktivitas belajar siswa, 2) keterampilan berpikir kritis siswa, dan 3) pemahaman konsep Biologi siswa. Selain itu, siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran yang diterapkan.


Kata kunci:  model pembelajaran berbasis masalah, aktivitas belajar, keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep biologi